MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 3 No 1 (2020): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi

LITERASI MEDIA DIGITAL: EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @INFOBANDUNGRAYA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS

Nofha Rina, Siti Nurbaiti Fauziyyah, (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

Instagram yang awalnya hanya digunakan untuk membagikan foto dan video, saat ini Instagram bisa dijadikan para pengguna sebagai media untuk membagikan berita. Dengan Instagram, masyarakat tidak perlu membuka portal berita melalui website karena semua berita yang diingkan bisa didapatkan melalui satu platform yaitu Instagram. Instagram memudahkan para pengguna untuk membagikan informasi kepada pengguna lainnya. Salah satu akun yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk menyebarkan informasi yaitu akun Instagram @infobandungraya. Akun Instagram @infobandungraya menyebarkan informasi seputar Kota Bandung. Dalam penelitian ini peneliti mengambil populasinya adalah followers akun Instagram @infobandungraya. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik non probability sampling.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari efektivitas akun Instagram @infobandungraya terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang menentukan beberapa hipotesis yang akan diuji. Metode survey yang dilakukan yaitu dengan menyebarkan link kuesioner kepada para followers akun Instagram @infobandungraya melalui fitur direct messages. Penelitian ini menyimpulkan adanya pengaruh dari efektivitas akun Instagram @infobandungraya sebesar 55,95% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers yang didukung oleh faktor-faktor seperti keakuratan berita, kejelasan berita, dan memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan followers-nya. Kata Kunci: Efektivitas, Kebutuhan Informasi, Instagram

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Medialog

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu ...