Pembelajaran berbasis masalah merupakan metode yang menggunakan kegiatan pembelajaran dengan menyajikan situasi masalah kepada mahasiswa secara autentik dan bermakna sehingga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan penyelidikan. Pembelajaran berbasis masalah dapat membantu mahasiswa dalam pemecahan masalah yang ada di lingkungan sehingga mampu membentuk pola pikir sesuai pemikiran yang dimiliki. Pola pikir mahasiswa dapat dibentuk melalui proses pembelajaran dengan melatih mahasiswa untuk menggunakan keterampilan metakognitif. Penelitian ini diperoleh data-data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Dimana data kualitatif merupakan data yang berupa informasi berbentuk kalimat yang memberikan gambaran tentang kegiatan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran berdasarkan hasil observasi pengamat. Sedangkan data kuantitatif merupakan data untuk mengetahui peningkatan keterampilan metakognitif mahasiswa yang dapat dianalisis secara deskriptif. Kegiatan yang dilakukan oleh dosen untuk membantu pembentukan metakognitif mahasiswa yaitu dengan membiasakan mahasiswa membuat peta konsep. Peta konsep akan membantu pembentukan pola pikir mahasiswa dengan membuat materi yang rumit menjai lebih sederhana dengan pemilahan konsep-konsep penting dalam bentuk bagan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan perolehan nilai peta konsep yang telah mahasiswa buat, memiliki integrasi dengan skor nilai metakognitif yang mereka peroleh sehingga dapat diartikan bahwa penggunaan peta konsep dalam pembelajaran jika dilakukan secara terus menerus dan pembimbingan yang intensif dapat juga melatih pembentukan keterampilan metakognitif mahasiswa.
Copyrights © 2020