Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas
Vol 22 No 1 (2020): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Switching Dalam Pembelian Produk Smartphone (Studi pada Pelanggan Duta Ponsel Bengkulu)

Rinto Noviantoro (Unknown)
Ahmad Soleh (Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu)
Tri Ayu Mardhatillah (Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2020

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to analyze the factors that affect brand switching in the purchase of smartphone products of the customers of Duta Ponsel Bengkulu .The sample in this study were 100 customers who did a smartphone purchase at Duta Ponsel Bengkulu. The sampling technique of the research is accidental sampling technique. While the data collection was done using questionnaires and analytical methods which employed multiple linear regression, test of determination and hypothesis testing. From the results of the calculation of multiple linear regression equations, it can be seen that X1 (consumer dissatisfaction), X2 (looking for variations) X3 (price) and X4 (competitor advertisements) have an influence on brand switching (Y), with the results of regression tests: Y = 0.368 + 0.238 X1 + 0,326 X2 + 0,405X3 + 0,389X4. The coefficient of determination test results by 0.543. This means that X1 (consumer dissatisfaction), X2 (looking for variations), X3 (price) and X4 (competitor advertisements) have contributed to brand switching (Y) of 54.3% while the remaining 45.7% is influenced by other variables which were not examined in this study. Based on the results of testing the hypothesis with the F test, the hypothesis is made to prove the influence of X1 (consumer dissatisfaction), X2 (looking for variations), X3 (price) and X4 (competitor advertisements), together against Brand switching (Y) because of the significance value at 0,000 <0.05. Based on the results of testing with the t test, the hypothesis is made to prove there is influence. The test results for variable X1 (consumer dissatisfaction) showed a significance value of 0.004 <0.05. Variable X2 (Looking for variation) shows a significance value of 0.001 <0.05. Variable X3 (Price) shows a significance value of 0.002 <0.05 and Variable X4 (Competitor Ads) shows a significance value of 0,000 <0.05. Because the significance value is less than 0.05, so H0 is rejected and Ha is accepted. This means that X1 (Consumer Dissatisfaction), X2 (looking for variations) and X3 (Price) have significant effects on Brand switching (Y). ABSTRAK Bagi produsen hal ini menjadi beban karena tingkat persaingan pelaku bisnis ponsel pintar semakin tinggi. Kondisi ini menyebabkan perusahaan harus berlomba-lomba menciptakan inovasi untuk menarik konsumen dan menerapkan strategi untuk mempertahankan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi brand switching dalam pembelian produk smartphone pada pelanggan Duta Ponsel Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pelanggan yang melakukan pembelian smartphone pada Duta Ponsel Kota Bengkulu.Teknik pengambilan sampel adalah teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji hipotesis dan analisis determinasi. Dari hasil perhitungan persamaan regresi linier berganda dapat diketahui bahwa X1 (ketidakpuasan konsumen), X2 (mencari variasi) X3 (harga) dan X4 (iklan pesaing) mempunyai pengaruh terhadap brand switching (Y), dengan hasil uji regresi : Y = 0,368 + 0,238X1 + 0,326 X2 + 0,405X3+ 0,389X4. Hasil uji koefesien determinasi sebesar 0,543. Hal ini berarti bahwa X1 (ketidakpuasan konsumen), X2 (mencari variasi), X3 (harga) dan X4 (iklan pesaing) memiliki kontribusi terhadap brand switching (Y) sebesar 54,3 % sedangkan sisanya 45,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji F, hipotesis yang dibuat membuktikan ada pengaruh X1 (ketidakpuasan konsumen), X2 (mencari variasi), X3 (harga) dan X4 (iklan pesaing), secara bersama-sama terhadap Brand switching (Y) karena nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.Berdasarkan hasil pengujian dengan uji t, hipotesis yang dibuat membuktikan ada pengaruh. Hasil pengujian untuk variabel X1 (ketidakpuasan konsumen)menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Variabel X2 (Mencari variasi)menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Variabel X3 (Harga )menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan Variabel X4 (Iklan Pesaing)menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya X1 (Ketidakpuasan konsumen), X2 (mencari variasi ) dan X3 (Harga ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Brand switching (Y).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEBD

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas (p-ISSN: 0852-1697; e-ISSN: 2460-9919) is is a peer-reviewed international journal on accounting, management and economics by Faculty of Economics Universitas Dharma Andalas. It includes articles on the scientific research field of Management Sciences, ...