JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Vol. 3 No. 1 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH POKOK BAHASAN HUKUM TAKLIFI DAN WADH’I MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XII IPA 1 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SUBANG SEMESTER GENAP TA

Yayan Irmayani (Madrasah Aliyah Negeri Subang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII. IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Subang semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dalam mata pelajaran fiqih pokok bahasan hukum taklifi dan wadh’i menggunakan model pembelajaran cooperative learning type jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian 34 orang siswa yang heterogen. Dari data yang dikumpulkan yaitu hasil rata-rata ulangan siklus 1 dan siklus 2, lembar observasi, dan refleksi bersama observer terlihat bahwa prestasi belajar siswa meningkat. Kemampuan siswa dalam mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal 75, sebelum penelitian tindakan kelas ini dilakukan, yang mencapai nilai KKM hanya 10 siswa (29%) meningkat pada siklus I menjadi 24 siswa (71%) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 34 siswa (100%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model cooperative learning type jigsaw terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII. IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri Subang tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan hukum taklifi dan wadh’i.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada ...