Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri
Vol 3 No 2 (2013): inovatif Vol. 3 No. 2

ACCELERATED FAILURE TIME MODEL CURE RATE

Liduina Asih Primandari (Mahasiswa S2 Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya Malang)
Henny Pramoedyo (Mahasiswa S2 Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya Malang)
Rahma Fitriani (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya Malang)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2013

Abstract

Accelerated Failure Time (AFT) adalah metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan antar peubah yangmempengaruhi waktu survival. Metode ini diperluas dengan menggunakan model cure rate. Model cure ratedigunakan apabila data survival terbagi menjadi dua kelompok pasien yaitu susceptible dan immune. Pasiendikatakan susceptible apabila pasien mengalami kejadian yang diamati (kematian) dan dikatakan immune apabilapasien tersebut masih hidup pada akhir penelitian. Model AFT dengan penambahan model cure rate diterapkandalam 3 sebaran yakni sebaran Eksponensial, Weibull dan Log – Logistik kemudian diaplikasikan untukmengetahui hubungan antara usia pasien (Y1) dan waktu menunggu hingga memperoleh donor (Y2) terhadapwaktu survival pasien penerima sumsum tulang belakang (X). Berdasarkan hasil penelitian, diperolehkesimpulan bahwa model AFT parametrik dapat digabungkan dengan model cure rate dengan terlebih dahulumembentuk fungsi survival dari model AFT parametrik. Model AFT parametrik dengan penambahan model curerate hanya dapat digunakan apabila waktu survival terbagi menjadi dua kelompok pasien, yakni susceptible danimmune. Penambahan model cure rate memberikan tambahan informasi, yakni dapat diketahui pula proporsiindividu yang masih hidup (tersensor) dalam kasus ini. Informasi ini dapat berguna untuk mengetahuikeefektifan dari pengobatan yang telah dilakukan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

industri

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September. Berisi gagasan, konseptual, kajian teori, aplikasi teori dan kajian buku Teknik Industri. Makalah yang masuk ditelaah oleh mitra bestari yang kompeten di bidang teknik dan manajemen ...