Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2019): Juli-Desember 2019

Komputerisasi Untuk Peningkatan Layanan Nasabah Pada Bank Sampah Gaposi Sejahter Mojokerto

Luki Ardiantoro (Universitas Islam Majapahit, Mojokerto)
Mimin F Rohmah (Universitas Islam Majapahit)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Bank Sampah adalah suatu unit kegiatan masyarakat untuk mengatasi pencemaran lingkungan di wilayah perkotaan. Bank Sampah ini memungkinkan masyarakat untuk memperoleh penghasilan tambahan, dengan mengisi tabungan menggunakan sampah yang ditimbang dan diberi nilai uang (moneter), sesuai harga yang sudah ditentukan oleh BSI ( Bank Sampah Induk ) Kota Mojokerto. BSI merupakan unit pemerintah daerah yang  penampung sampah yang terkumpul pada tiap bank sampah di masing-masing kelurahan di Kota Mojokerto. Permasalahan yang dihadapi oleh Bank Sampah “Gaposi Sejahtera “ adalah sering terjadinya kerepotan dalam transaksi dan laporan bulanan, sering tertukarnya jenis sampah dan harganya, harga sampah per kilo sering berubah, serta tidak adanya backup data yang bagus untuk menanggulangi data dari nasabah maupun jumlah tabungannya. Untuk mengatasi permasalahan diatas, peneliti berinisiatif untuk membangun sistem aplikasi untuk mengolah data tabungan pada Bank Sampah “Gaposi Sejahtera“. Perancangan menggunakan metode Waterfall, diharapakan memudahkan dalam pelayanan kepada pelanggan dan meningkatkan akurasi data.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PS2PM

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Bantenese adalah Publikasi ilmiah dibidang Pengabdian Masyarakat yang diterbitkan oleh Pusat Studi Sosial dan Pengabdian Masyarakat (PS2PM) Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Hukum Universitas Serang Raya (Unsera) dengan nomor e-ISSN 26561840 yang mencakup : Pemberdayaan Masyarakat, ...