Jurnal Akuntansi Kompetif
Vol 3 No 1 (2020)

PENGARUH LATAR BELAKANG SEKOLAH MENENGAH DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS LANCANG KUNING

Reni Farwitawati (Universitas Lancang Kuning)
Souvya Fitrhrie (Universitas Lancang Kuning)
Masirun Masirun (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji asal sekolah menengah dan perilaku belajar berpengaruh secara parsial terhadap pemahaman akuntansi. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan menyediakan pertanyaan dalam bentuk kuesioner yang dibagikan kepada responden yang merupakan mahasiswa yang masih aktif di jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Unilak. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 jurusan akuntansi telah menyelesaikan mata kuliah Pengantar Akuntansi 1, Pengantar Akuntansi 2, Akuntansi Keuangan Menengah 1, Akuntansi Keuangan Menengah 2, Akuntansi Keuangan Lanjutan 1, Akuntansi Keuangan Lanjutan 2, Auditing 1, Auditing 2, dan Teori Akuntansi. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial asal sekolah menengah tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi sedangkan perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Secara simultan asal sekolah menengah dan perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap variabel pemahaman akuntansi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

akuntansikompetif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi Kompetif (Online ISSN: 2622-5379) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in January and July. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications and reviews of account ...