Jurnal Proaksi
Vol 7 No 1 (2020): Januari - Juni

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DANA PIHAK KETIGA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PROFITABILITAS ( SURVEY PADA BPR SYARIAH DI JAWA BARAT TAHUN 2014 – 2017 )

Arif Hidayat (Universitas Pamulang)
Denok Sunarsi (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi dana pihak ketiga dan dampaknya terhadap Profitabilitas(ROA) survey pada BPR Syariah di Jawa Barat tahun 2014 – 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan 14 BPR Syariah yang berada dijawa barat periode 2014 – 2017 dimana laporan keuangan dibuat data panel dan diolah dengan software Eviews 10. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deksriptif. Analisis data meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi, serta pengujian hipotesis secara parsial dan simultan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Financing to Deposit Ratio terhadap Dana Pihak Ketiga tidak berpengaruh signifikan, (2) Capital Adequacy Ratioterhadap Dana Pihak Ketigatidak berpengaruh signifikan, (3) Non Performing Financing terhadap Dana Pihak Ketiga tidak berpengaruh signifikan, (4) BOPO terhadap Dana Pihak Ketiga berpengaruh signifikan, (5) Financing to Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing dan BOPO secara simultan berpengaruh terhadap Dana Pihak Ketiga dengan tingkat signifikansi Prob. F (Statistic) 0.014997, dan (6) Dana Pihak Ketiga terhadap Profitabilitas(ROA) berpengaruh signifikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Proaksi Jurnal Proaksi merupakan Jurnal Ekonomi yang diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Cirebon, menerima artikel ilmiah berupa hasil penelitian dan literatur dalam kajian Akuntansi dan Manajemen. Penerbit : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas ...