Akurasi : Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan
Vol 2 No 2 (2019): Akurasi : Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan, Desember 2019

Interaksi Manajemen Laba Dalam Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Kinerja Keuangan Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Sri Wahyu Aji (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur dan penelitian ini juga bertujuan untuk menguji apakah aktivitas Corporate Social Responsibility yang berkaitan dengan praktik manajemen laba akrual dan manajemenen laba rill berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan di masa depan. Indeks yang digunakan sebagai pedoman pengungkapan Corporate Social Responsibility pada penelitian ini berdasarkan Global Reporting Initiative (GRI) Standar. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2016-2018 berjumlah 162 perusahaan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 113 perusahaan. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility tidak signifikan, manajeman laba akrual termasuk dalam variable moderasi Murni ( Pure Moderator) dan manajemen laba rill termasuk variable moderasi potensial (Homologiser Moderator).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

akurasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

AKURASI Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun pada bulan Juni (periode Januari-Juni) dan Desember (periode Juli-Desember). Jurnal ...