Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2020): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Open-Ended Ditinjau dari Hasil Belajar

Nava Ferik Embartiyana (Universitas PGRI Semarang)
Djoko Purnomo (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Prayito (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran yang masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada berbedaan hasil belajar antara siswa yang tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah setelah mendapat pembelajaran dengan pendekatan open-endedserta pendekatan konvensional (2) Apakah hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan open-endedlebih baik dari pada pendekatan konvensional. Jenis penelitian ini yaitu jenis quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII . Melalui cluster rondom samplingterpilih sampel penelitian yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan VII G sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik. Uji ststistik yang digunakan adalah ANAVA Satu Jalan Dengan Sel Tak Sama.Hasil penelitian menunjukkan pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan (1) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah setelah mendapat pembelajaran dengan dengan pendekatan open-endedserta pendekatan konvensional. (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan open-endedlebih baik dari pada pendekatan pembelajaran konvensional. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...