Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2020): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Kelas XI Menurut Langkah-Langkah John Dewey Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Campers

Ainin Nada (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Prayito (Universitas PGRI Semarang)
Lukman Harun (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI menurut langkah-langkah john dewey ditinjau dari adversity quotient. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripstif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari 3 tipe adversity quotientyaitu quitters, campers,dan climbers. Penelitian ini fokus pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tipe campers.Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan pada Siswa camperssebagai berikut: 1) mampu dalam mengenali masalah atau menyajikan masalah, 2) mampu dalam mendefinisikan masalah, 3) kurang mampu dalam mengembangkan beberapa hipotesis, 4) mampu dalam menguji beberapa hipotesis, 5) tidak mampu menyelesaikan memilih hipotesis terbaik. Jadi, siswa campers dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematika masuk kategori sedang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...