Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2020): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Efektivitas Pembelajaran Model Think Talk Write Berbantu Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa

Rizal Latief Maulana (Universitas PGRI Semarang)
Intan Indiati (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Prayito (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pembelajaran model Think Talk Write(TTW) berbantu macromedia flash terhadap kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa.Jenis penelitian adalah penelitian eksperimental semu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Post-test Control Group Design.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas Multivariat, Uji Homogenitas Matrik Kovarian, Uji Hottelling Trace T2, Uji t dan Uji regresi linear ganda.Pada analisis data akhir, yang diambil dari posttestdan angket kemandirian belajar, dapat disimpulkan bahwa rata-ratakemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa yang menggunakan pembelajaran model Think Talk Write(TTW) berbantu Macromedia Flash lebih efektifdari pada pembelajaran konvensional.Adanya perbedaan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Think Talk Write berbantu macromedia flash lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...