Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 3 No 1 (2019)

DESKRIPSI MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 04 KOTA BENGKULU

Nurmadhani Febrianti (Universitas Bengkulu)
Agus Susanta (Universitas Bengkulu)
Della Maulidiya (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran probing prompting agar terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 04 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik. Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika dari siklus I hingga siklus III yaitu berturut-turut, 54% kategori sedang; 79% kategori tinggi; dan 87% kategori sangat tinggi. peningkatan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan dengan cara memberikan bimbingan untuk menyelesaikan LKPD sesuai dengan indikator berpikir kritis, memberikan pertanyaan probing prompting dengan tingkat kognitif penerapan, menggunakan alat peraga. Kata kunci : Model Pembelajaran Probing Prompting, Kemampuan berpikir kritis matematikaAbstractThis study aims to determine how to implement the model probing prompting learning in order to critical thinking skills of mathematics students class VIII. 1 SMP N 04  City of Bengkulu. This type of research carried out is a Class Action Research (PTK) with data collection through achievement test and Worksheet Students (LKPD). Subjects in this study was the students of class VIII 1 SMP N 04  City of Bengkulu 2017/2018 academic year. The results of this study indicate probing prompting learning model application can improve critical thinking skills of mathematics learners. Increase critical thinking skills of mathematics from the first cycle to the third cycle, 54% moderate category; 79% of high category; and 87% very high category. increase in critical thinking skills can be done by providing guidance to resolve LKPD according to indicators of critical thinking, providing probing questions prompting the cognitive level of the application, using props. Keywords : Probing Prompting Learning Model, critical thinking skills of mathematics

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...