Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 3 No 2 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Rizki Fadhillah (Universitas Bengkulu)
Della Maulidiya (Universitas Bengkulu)
Ringki Agustinsa (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik kelas VII.3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dalam pembelajaran Matematika dengan menerapakan model pembelajaran Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah peserta didik terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 21; 28; 31. Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran Think  Pair Share AbstractThis study aims to improve the activities of students of class VII.3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu in learning mathematics by applying the model of learning cooperative learning Think Pair Share type. This type of research is classroom action research (CAR) which is carried out in three cycles with the research flow that is action planning, action implementation, observation, and reflection. The subject of this research is the students of class VII.3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Even Semester of the School Year 2017/2018 with the number of learners consists of 13 male students and 20 female students. Data collection is done by using observation sheet and end test cycle. The results showed that the learning activity of the students can be seen from the average score of the students' activity from cycle I to cycle III, namely: 21; 28; 31. .Keywords: activity, learning outcomes, learning model Think Pair Share

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...