Fakta dan data dilapangan menunjukkan bahwa guru dalam menetapkan KKM belum berdasarkan analisis dan belum memperhatikan prinsip serta langkah-langkah penetapan, oleh karena itu perlu ada kegiatan pada awal tahun pelajaran yang dapat memberikan informasi kepada guru yang dijadikan pedoman dalam penetapan KKMTujuan penelitian ini adalah peningkatkan kemampuan guru kelas IV dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) melalui KKG di Gugus II Kecamatan SumobitoYang menjadi subjek penelitian ini adalah guru SDN kelas IV yang ada di gugus II di Kecamatan Sumobito berjumlah 18 orang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan MinimalDari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kesiapan dan Kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal dari siklus I ke siklus II. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan II. Disamping itu juga, terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal melalui pembinaan berbentuk KKG dari siklus I ke siklus II dan mencapai target minimal yang telah ditetapkan yakni 85 %, artinya 85 % guru telah efektif dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan MinimalDengan demikian dapat disarankan kepada pengawas atau peneliti yang lain bahwa kegiatan KKG dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan Kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal.
Copyrights © 2020