Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP)
Vol 4, No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020

PENINGKATAN KINERJA GURU KELAS IV DALAM MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL MELALUI KKG DI GUGUS II KECAMATAN SUMOBITO

yayuk, yayuk (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

Fakta dan data dilapangan menunjukkan bahwa guru dalam menetapkan KKM belum berdasarkan analisis dan belum memperhatikan prinsip serta langkah-langkah penetapan, oleh karena itu perlu ada kegiatan pada awal  tahun pelajaran yang dapat memberikan informasi kepada guru yang dijadikan  pedoman dalam penetapan KKMTujuan penelitian ini adalah peningkatkan kemampuan guru kelas IV dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal  ( KKM ) melalui KKG di Gugus II Kecamatan SumobitoYang menjadi subjek penelitian ini adalah guru SDN kelas IV yang ada di gugus II di Kecamatan Sumobito berjumlah 18 orang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan MinimalDari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kesiapan dan Kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal dari siklus I ke siklus II. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan II.  Disamping itu juga, terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal melalui pembinaan berbentuk KKG  dari siklus I ke siklus II dan mencapai target minimal yang telah ditetapkan  yakni 85 %, artinya 85 % guru telah efektif dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan MinimalDengan demikian dapat disarankan kepada pengawas atau peneliti yang lain bahwa kegiatan KKG dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan Kinerja guru  dalam menetapkan kriteria ketuntasan  minimal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jdmp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) publishes articles of theoretical or practical interest to those engaged in Educational Management and Educational ...