Edukasia : Jurnal Pendidikan
Vol 7, No 1 (2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH TARAKAN

Zulfadli Zulfadli (Universitas Borneo Tarakan)
Sari Kurniati (SMA Muhammadiyah Tarakan)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) kelas XI MIA IV di SMA Muhammadiyah Tarakan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri tahapan perencanaan, tindakan, Observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA IV yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptip kuantitatif dengan menggunakan tes setiap akhir siklus. Peningkatan hasil belajar diamati dari peningkatan rata-rata siswa mulai dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas XI. Pada siklus I skor presentase sebesar 56% dan mengalami peningkatan pada siklus ke II menjadi 81%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran Biologi  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA IV  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edukasia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal ilmiah ilmu pendidikan (EDUKASIA) menerima dan memuat naskah dalam bentuk hasil penelitian (artikel ilmiah) dalam bidang pendidikan sosial, pendidikan sains, pendidikan MIPA dan kajian lain selama dalam lingkup Pendidikan. Penerbitan Jurnal Edukasia pada bulan April dan Oktober dengan E-ISSN ...