Edukasia : Jurnal Pendidikan
Vol 6, No 2 (2019)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 023 TARAKAN SEMESTER I TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Supriati Supriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 023 Tarakan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada pecahan. Jenis ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan mulai 01 September sampai 30 Oktober 2018 dengan 6 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subjek Penelitian adalah siswa kelas IV SDN 023 Tarakan tahun pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa. Data dikumpulkan pada setip siklus melalui observasi preoses belajar siswa dan pemberian tes kompetensi pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, pada siklus I diperoleh rata-rata nilai yang mencapai 61,85. Pada siklus II, hasil penelitian yang diperoleh mengalami peningkatan nilai rata-rata mencapai 82,96. Pada siklus II diperoleh peningkatan nilai yang mencapai 21,11. Hal ini berarti siswa sangat setuju dan senang dengan adanya pembelajaran STAD yang diterapkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edukasia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal ilmiah ilmu pendidikan (EDUKASIA) menerima dan memuat naskah dalam bentuk hasil penelitian (artikel ilmiah) dalam bidang pendidikan sosial, pendidikan sains, pendidikan MIPA dan kajian lain selama dalam lingkup Pendidikan. Penerbitan Jurnal Edukasia pada bulan April dan Oktober dengan E-ISSN ...