Jurnal Mekanova : Mekanikal, Inovasi dan Teknologi
Vol 4, No 2 (2018): Oktober

Pengaruh Kinerja Hidraulik Kontrol Valve Setelah Overhaule Terhadap Governor Mesin Turbin Uap Pada PLTU (Media Group 1 x 15 Mw)

Pribadyo Pribadyo (Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar)
Zulkifli Said (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2018

Abstract

PLTU di Desa Kuta Makmue Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya dengan kapasitas terpasang 1x15 MW beroperasi sejak tahun 2009 mengunakan Turbin tipe BBC NEW ALSTOM BD2EEQ2E38 yang diproduksi pada tahun 1970 tergolong dalam Sistem Manual Operasi, namun seiring dengan lamanya pengoperasian turbin dan bertambahnya jam operasional serta kendala teknis maupun non teknis yang dialami selama operasi mengakibatkan kinerja dari hidraulik kontrol valve berkurang dan mempengaruhi data karakteristik semula. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh kinerja control valve setelah overhaule terhadap governor pada turbin uap. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yakni dengan meninjau langsung ke lapangan untuk pengakuratan data literature dan data lapangan yang menjadi objek dalam penelitian. Wawancara, yaitu menanyakan kepada orang-orang yang memahami tentang topik yang dikaji. Analisa data dilakukan guna mengetahui peroalan yang sebenarnya terjadi pada sistem yang dikaji selanjutnya dialkukan penanganan. Hasil penelitian dikatahui bahwa ukuran dimensi Bushing dan Sraight bar (Tuas valve lurus) mengalami keausan, keausan yang paling besar terdapat pada strainght bar hindraulik kontrol valve hingh pressure, perubahan nilai tersebut didapat setelah pengambilan nilai rata-rata dari komponen hidraulik. penanganan perbaikan dengan melakukan penambalan isi (Babit) pada sisi outside straingth bar yang terkikis, pembabitan tersebut dilakukan dengan menyamakan nilai rata-rata dari dimensi strainght bar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmekanova

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Automotive Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Mekanova merupakan kumpulan karya ilmiah para akademisi, peneliti dan praktisi yang bertujuan menyatukan pengalaman-pengalaman, ide-ide dan hasil penelitian terutama dalam bidang“Mekanikal, Inovasi dan ...