Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan model pembelajaran kooperatif teknik NHT pada kelas 05PIEP003 Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix Method. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain yang digunakan dalam PTK ini adalah Kurt Lewin design yang memiliki tiga siklus. Penelitian ini dilakukan pada kelas 05PIEP003 oleh dosen mata kuliah ekonomi moneter Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi berpikir kritis mahasiswa dan soal tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah ekonomi moneter. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah statistik deskriptif. Penelitian ini menunjukkan pada siklus I kemampuan berpikir kritis mahasiswa memperoleh nilai sebesar 50% dan hasil belajar sebesar 55%, kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada siklus II meningkat menjadi sebesar 65% dan hasil belajar juga meningkat menjadi 75%, selanjutnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada siklus III meningkat lagi dengan memperoleh nilai sebesar 85% dan hasil belajar mahasiswa juga meningkat menjadi sebesar 90%. Simpulan peneliti menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan belajar mahasiswa kelas 05PIEP003 setelah penerapan model pembelajaran teknik NHT pada mata kuliah ekonomi moneter Pendidikan Ekonomi, Universitas Pamulang.Kata Kunci : NHT, Berpikir Kritis, Ekonomi Moneter
Copyrights © 2019