Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 4, No 01 (2020): EDUNOMIKA, VOL. 04, NO. 01, Februari 2020

KEPUTUSAn PEMBELIAN SECARA ONLINE MELALUI SITUS JUAL BELI SHOPEE DITINJAU DARI KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RESIKO PADA MAHASISWA UNIBA SURAKARTA

Adinda Galih (Universitas Islam Batik Surakarta)
Djumali Djumali (Unknown)
Eny Kustiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan dan parsial dari kemudahan (X1), kepercayaan (X2), dan persepsi resiko (X3) terhadap keputusan pembelian secara online melalui situs jual beli Shopee pada mahasiswa UNIBA di Surakarta. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Dengan bantuan program IBM SPSS versi 18. Kuesioner dibagikan kepada mahasiswa UNIBA yang telah menggunakan situs Shopee di Surakarta. Analisais yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrumen data (uji validitas dan uji reabilitas), analisis regresi liner berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas), dan uji hipotesis (uji F, uji t, koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan, kepercayaan dan persepsi resiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan, serta membuktikan bahwa kemudahan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangakan untuk persepsi resiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...