Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 1 (2020): Januari-Juni 2020

BUKU PERKULIAHAN MITIGASI BENCANA: MEMBERDAYAKAN KARAKTER DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA UNIVERSITAS TIDAR

Ericka Darmawan (Unknown)
Setiyo Prajoko (University of Tidar)
Desy Nurhikmahyanti (University of Tidar)
Arief Budi Wicaksono (University of Tidar)
Megita Dwi Pamungkas (University of Tidar)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2020

Abstract

Magelang merupakan wilayah yang secara geografis dikelilingi oleh gunung berapi aktif. Kondisi ini memberikan keuntungan namun juga berpotensi menimbulkan bencana alam yang harus dikelola dengan baik. Mengingat pentingnya pendidikan mitigasi bencana alam, pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan mitigasi bencana penting untuk diintegrasikan dalam kurikulum perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengembangkan Buku Perkuliahan Mitigasi Bencana Alam di Kota dan Kabupaten Magelang, dan (2) menganalisis hasil uji coba kelompok terbatas untuk produk yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation), yang kemudian dilanjutkan dengan implementasi produk pada Perkuliahan Hukum Lingkungan di Program Studi Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universita Tidar. Validasi produk yang dihasilkan telah dilakukan oleh ahli pengembangan bahan ajar dan ahli materi. Analisis untuk data terkait pengembangan buku dan hasil penerapan/uji coba kelompok terbatas dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli pengembangan bahan ajar, produk hasil pengembangan mendapat persentase validitas sebesar 90,1% dengan kualifikasi sangat baik. Produk buku yang dihasilkan juga valid dan berkualifikasi sangat baik menurut penilaian validator ahli materi dengan persentase validitas 89,0%. Sementara itu, pada implementasi/uji coba kelompok terbatas pada 21 mahasiswa memberikan respon yang baik dan mampu merangsang pengembangan karakter dan keterampilan berpikir kritisnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...