Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan
Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad

Proses Adaptasi Mahasiswa Asal Papua di Universitas Negeri Padang (Studi pada Mahasiswa Asal Papua di Universitas Negeri Padang Program Pendidikan ADIK)

Mahdalena Harahap (Unknown)
Ikhwan Ikhwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2020

Abstract

Abstrak Penelitianaini dilatarbelakangi oleh ketertarikanapeneliti melihatamahasiswa Papua yang berada di Universitas Negeri Padang (UNP) yang unik dan berbeda dengan mahasiswa mayoritas di UNP. Tujuanapenelitianainiaadalahauntukamengetahuiaprosesaadaptasi mahasiswaaasalaPapua di UNP dengan program pendidikan adik. Kemudian hasilatemuan peneliti tersebut dianalisis denganamenggunakanateoriastrukturalafungsionalaolehaTalcot Parsons denganakonsep AGIL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada 3 prosesaadaptasiayangadilakukanaoleh mahasiswaaPapua (1) adaptasiadalam bergaul dengan sesama mahasiswa, (2) adaptasi dalam proses belajar di dalam kelas bersama dosen maupun mahasiswa, dan (3) adaptasi dalam berinteraksi dengan masyarakat sekitar kampus.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion and updating of ideas from Students of Education, Sociology and Anthropology in Indonesia. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan contains empirical research in the fields of ...