Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 1 No 3 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (March 2020)

Studi Evaluatif Penerapan Strategi Pembelajaran Sosiologi di SMA N 2 Pariaman

Fetri Demi Susanti (Universitas Negeri Padang)
Junaidi Junaidi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2020

Abstract

Pembelajaran sosiologi masing-masing kelas menuntut strategi pembelajaran yang berbeda namun guru yang mengajar tidak berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pembelajaran sosiologi oleh guru di SMAN 2 Pariaman, Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif tipe evaluatif. Hasil penelitian menggungkapkan bahwa strategi pembelajaran sosiologi yang diterapakan oleh guru di SMAN 2 Pariaman adalah strategi pembelajaran inquiri based learning dan problem solving based learning. Secara keseluruhan pelaksanaan strategi pembelajaran tersebut dilakukan guru berbeda dengan strategi yang terdapat di dalam RPP, ketidaksesuaian ini disebabkan karena kurangnya pemahaman guru mengenai strategi pembelajaran, kurangnya ketersediaan sumber belajar, kurangnya motivasi belajar siswa dan alokasi waktu. Sehingga hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini berguna sebagai pedoman dan masukan khususnya untuk guru mata pelajaran sosiologi dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sikola

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi diskusi berkaitan dengan Dinamika Institusi pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum, Model-model ...