Jurnal Repositor
Vol 2 No 6 (2020): Juni 2020

Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam & Akuntansi Dengan Metode Pengembangan Model Waterwafall (Studi Kasus KSP Bina Usaha Kabupaten Ngawi)

Bayu Tri Sadewo (Universitas Muhammadiyah Malang)
Maskur Maskur (Universitas Muhammadiyah Malang)
Evi Dwi Wahyuni (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2020

Abstract

Koperasi simpan pinjam “Bina Usaha” adalah koperasi yang melayani simpan pinjam uang bagi masyarakat yang membutuhkanya. Koperasi “Bina Usaha” berdiri sejak tahun 2015 di kabupaten Ngawi. Akan tetapi Koperasi ini masih menggunakan cara manual dengan Microsoft excel untuk mendokumentasikan semua data yang berhubungan dengan aktifitas koperasi tersebut, dari data keanggotaan hingga data simpan pinjam. Sehingga data yang dimiliki oleh koperasi “Bina Usaha” rawan hilang. Penulis dalam sistem ini menggunakan metode pengembangan waterfall. Metode pengembangan waterfall merupakan metode pengembangan sistem perangkat lunak yang sisitematik dan sekuensial yang mulai pada tingkat dan kemajuan sistem sampai pada analisis, desain, kode dan test. Sistem yang akan dibuat dilengkapi dengan fitur yang dibutuhkan oleh koperasi “Bina Usaha” (mulai dari manajemen nasabah, karyawan, investor, aset barang, user, transaksi simpan pinjam, transaksi kas, pembuatan laporan, dan fitur akuntansi). Sistem yang dibuat telah melalui pengujian black box dan UAT untuk menilai kelayakan sistem untuk dipakai dikoperasi dan hasilnya user bisa menerima sistem ini. Hasil akhir program yang dijalankan pun bisa melihat uang keluar masuk koperasi hingga laba rugi koperasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

repositor

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal Repositor dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Malang dan dikelolah Program Studi Informatika. Jurnal Repositor merupakan jurnal ilmiah dengan ruang lingkup keilmuan bidang ifnormatika. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian, telaah ilmiah dan serangkaian hasil studi yang ...