Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2020): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2019 - Mei 2020

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR GEOMETRI SMP BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER

Abi A. M (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Soe)
Gella N. J. M (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Soe)



Article Info

Publish Date
12 May 2020

Abstract

Pembelajaran kontekstual menjadi isu penting karena melibatkan budaya peserta didik. Etnomatematika menjadi salah satu solusi untuk menjawab kebutuhan tersebut terutama pada materi geometri. Penelitian ini adalah Research and Development (R & D) model Borg & Gall menggunakan pre-experimental one group pretest-posttest design. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan sumber belajar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Amanuban Barat kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 pada materi geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar yang dikembangkan berkategori valid, praktis dan efektif. Kevalidan sumber belajar sebesar 98% sedangkan kepraktisannya sebesar 96% ditunjukkan dengan respon positif peserta didik dan guru. Keefektifan sumber belajar dilihat dari perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Peningkatan prestasi belajar setelah implementasi sebesar 0,6 dilihat dari skor gain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...