Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
Vol. 11 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume, 11 Nomor 01, Juni, T

Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester II Melalui Workshop di SDN 1 Mantangai Tengah Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2017/2018

Mariyana Mariyana (Kuala Kapuas)



Article Info

Publish Date
19 May 2020

Abstract

Guru merupakan faktor dominan dalam proses belajar mengajar, oleh karena itu meningkatkan kemampuan guru mutlak dilakukan agar terjadi peningkatan kemampuan di dalam mengelola proses pembelajaran. Salah satu indikator yang menunjukkan bahwa seorang guru tersebut mampu menyusun tes telah banyak dilakukan seperti mengikuti penataran, dan pelatihan lainnya. Dari hasil evaluasi terhadap kedua bentuk upaya tersebut, ditemukan belum banyak memberikan sumbangan terhadap profesional guru. Sehubungan dengan hal tersebut muncul pemikiran untuk memberdayakan pengawas sekolah untuk lebih banyak mengadakan pembinaan secara kolaboratif yang bersifat kekeluargaan, keterbukaan dan keteladanan yang dilaksanakan melalui workshop menyusun tes hasil belajar akhir semester yang layak dipakai. Penelitian ini dilaksanakan melalui workshop menyusun tes dengan jumlah guru 10 orang guru yang diikutkan dalam workshop yang mengajar mata pelajaran SDN 1 Mantangai Tengah Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini melakukan penilaian satu kali siklus. Tes sudah selesai dianalisis dan dinilai berdasarkan 2 parameter yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan melalui workshop maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa kemampuan guru SDN 1 Mantangai Tengah Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas Tahun pelajaran 2017/2018 dalam menyusun tes hasil bejar akhir semseter genap meningkat.

Copyrights © 2020