JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)
Vol 1 No 1 (2016)

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL GERAK DALAM PEMBELAJARAN DEMOKRASI SEBAGAI UPAYA MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN PADA SISWA KELAS VIII A MTs PERSIAPAN BENDUNGANJATI KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO

Ninda Andriwati (SMP Unggulan Al-Anwari Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2016

Abstract

Pembelajaran PKn yang dilakukan selama ini masih didominasi oleh pembelajaran yang konvensional, tanpa diselingi adanya media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Upaya guru dalam menggunakan media audio visual gerak untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Keefektifan penggunaan media audio visual gerak untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan pada proses belajar mengajar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual gerak dalam pembelajaran demokrasi yang dapat menciptakan pembelajaran menyenangkan pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa media audio visual gerak pada mata pelajaran PKn dengan materi demokrasi mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan pada siswa kelas VIII A MTs Persiapan Bendunganjati. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi, hasil catatan lapangan, hasil wawancara guru dan siswa dan hasil tes selama proses pembelajaran yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jppkn

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JPPKn adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila & Kewareganegaraan yang diterbitkan Program Studi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi dua kali setahun yaitu April dan Oktober. JPPKn menerima artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian analisis kritis dalam bidang Pendidikan Pancasila dan ...