JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)
Vol 1 No 1 (2016)

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GABUNGAN CERAMAH DAN SIMULASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TAMPO KECAMATAN CLURING KABUPATEN BANYUWANGI

Isnainiwati Isnainiwati (SD Negeri 2 Tampo Kecamatan Cluring Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2016

Abstract

Guru sebagai ujung tombak pendidikan yang bertanggung jawab mengembangkan kemampuan siswa dapat menjadikan siswa trampil. Oleh karena itu pengembangan metode dalam pembelajaran sangat perlu dilakukan, hal ini dikarenakan agar menariknya pelajaran yang dihadapi oleh siswa dalam suatu proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dan juga termasuk penelitian deskriptif. Penelitian ini mengacu pada perbaikan pembelajaran yang berkesinambungan. Kemmis dan Taggart (1988:14) menyatakan bahwa model penelitian tindakan adalah berbentuk spiral. Tahapan penelitian tindakan pada suatu siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observasi (pengamatan) dan reflection (refleksi). Langkah pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan dan refleksi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan gabungan metode ceramah dengan metode simulasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 68,00%, 80,00%, dan 96,00%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Sedangkan untuk aktivitas guru selama pembelajaran telah melaksanakan langkah-langkah penerapan gabungan metode ceramah dengan metode simulasi dengan baik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jppkn

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JPPKn adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila & Kewareganegaraan yang diterbitkan Program Studi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi dua kali setahun yaitu April dan Oktober. JPPKn menerima artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian analisis kritis dalam bidang Pendidikan Pancasila dan ...