JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)
Vol 2 No 1 (2017)

PENGARUH GURU DALAM MENUMBUHKAN NILAI NORMA KESOPANAN PADA SISWA TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI IPS 1 MAN 3 BANYUWANGI

Fajariyah Anik Maturohmah (Program Studi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi)
Roudhotul Jannah (Program Studi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2017

Abstract

Nilai norma kesopanan merupakan suatu aturan yang berharga dalam sekolah dan kehidupan sehari-hari yang mengatur tingkah laku siswa agar lebih sopan terhadap guru/orang yang lebih tua, aturan tersebut berasal dari kebiasaan-kebiasaan di sekolah agar lebih menghargai orang lain. Kedisiplinan siswa yaitu kepatuhan seorang siswa kepada tata tertib sekolah dan suatu sikap yang selalu tepat waktu, patuh, taat, sadar, dan tanggung jawab serta menjalankan aturan-aturan yang berlaku. Metode pengumpulan data kuesioner tertutup, interview bebas terpimpin, observasi, dan dokumen. Metode analisa data yang digunakan regresi ganda dua prediktor.Hasil penelitian ini memperoleh data  minor pertama bahwa Freg=6,805 ≥Ftabel 5% =4,10 maksudnya ada pengaruh guru dalam membimbing siswa terhadap kedisiplinan kelas XI IPS 1 di MAN 3 Banyuwangi semester genap tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil analisa data minor kedua Freg=26,321 ≥ Ftabel5%=4,10 maksudnya ada pengaruh sopan santun terhadap peningkatan kedisiplinan kelas XI IPS 1 di MAN 3 Banyuwangi semester genap tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil analisa data mayor bahwa Freg =38,787 ≥ Ftabel 5% = 3,25 maksudnya ada pengaruh guru dalam menumbuhkan nilai norma kesopanan pada siswa terhadap peningkatan kedisiplinan siswa kelas XI IPS 1 di MAN 3 Banyuwangi Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jppkn

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JPPKn adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila & Kewareganegaraan yang diterbitkan Program Studi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi dua kali setahun yaitu April dan Oktober. JPPKn menerima artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian analisis kritis dalam bidang Pendidikan Pancasila dan ...