JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)
Vol 3 No 1 (2018)

GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MAN 3 BANYUWANGI

Fitri Ayu Kurnia (Madrasah Aliyah Tahfdzul Qur an Baitussalam)
Yuli kartika effendi (UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2018

Abstract

Profesi kependidikan khususnya profesi keguruan, tugas utamanya adalah melayani peserta didik dalam dunia pendidikan. Sistem pengelolaan sekolah yang rumit dan kompleks, berakibat pada sulitnya menemukan kandidat yang bersedia mengambil posisi sebagai menejer (kepala sekolah) dan atau kepemimpinan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Menganalisis gaya kepemimpinan yang demokratis yang dilakukan kepala sekolah MAN 3 Banyuwangi sehingga dapat meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan tehnik Triangulasi dan Snawball Sampling. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kepala sekolah MAN 3 Banyuwangi sesuai dengan beberapa ciri-ciri kepemimpinan demokratis seperti beban kerja organisasi menjadi tanggung jawab bersama personalia, guru dan karyawan dianggap sebagai komponen pelaksana serta secara integral harus diberi tugas dan tanggung jawab, disiplin tetapi tidak kaku dan memecahkan masalah secara bersama, kepercayaan tinggi kepada bawahan dengan tidak melepaskan tanggung jawab pengawasan, serta komunikasi dengan bawahan bersifat terbuka. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa kepala sekolah MAN 3 Banyuwangi lebih dominan dengan gaya kepemimpinan yang demokratis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jppkn

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JPPKn adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila & Kewareganegaraan yang diterbitkan Program Studi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi dua kali setahun yaitu April dan Oktober. JPPKn menerima artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian analisis kritis dalam bidang Pendidikan Pancasila dan ...