GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 2 (2018)

Kemampuan Literasi Statistis Mahasiswa melalui Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT)

Frena Fardillah (Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara komprehensif pencapaian dan peningkatan kemampuanliterasi statistis mahasiswamelalui pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT)dan mahasiswayang mendapat pembelajaran ekspositori. Menelaah perbedaan peningkatan kemampuan literasi statistis antara kelompok RMT dan Ekspositori. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan desain penelitian Nonequivalent. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan tes kemampuan literasi statistis. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester empat, pada materi statistika II dengan jumlah mahasiswa sebanyak 48 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi statistis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan RMT lebih baik dari mahasiswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Peningkatan kemampuan literasinya mahasiswa yang memperoleh pendekatan RMT lebih baik, dari pada mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori bila dilihat secara keseluruhan dan berdasarkan katgori PAM (tinggi, sedang dan rendah). Peningkatan kemampuan literasi statistis mahasiswa berdasakan PAM (tinggi, sedang dan rendah) pada kelas ekperimen meningkat secara merata.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gauss

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal ini berisikan kajian ilmiah dan hasil penelitian dibidang matematika dan pendidikan ...