SOLUSI
Vol 16, No 3 (2018)

PENGARUH STRES KERJA TERHADAP PERILAKU DISFUNGSIONAL AUDIT DENGAN THE BIG FIVE PERSONALITY DAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada KAP Di Wilayah Jawa Tengah Dan DIY)

Ervin Meika Anggraini (Universitas Semarang)
Febrina Nafasati Prihantini (Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh stres kerja terhadapperilaku disfungsional audit dan seberapa besar pengaruh The Big Five Personality dan Locus of Controlsebagai variabel moderasi pada pengaruh stres kerja terhadap perilaku disfungsional audit. Sampel dalampenelitian ini adalah auditor yang berkerja di Kantor Akuntan Publik yang berada di Semarang, Kudus,Solo danDIY. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah respondenyang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 38 auditor. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer yangmenggunakan kuesioner. Metode analisis dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Stres Kerja tidak berpengaruh terhadap perilakudisfungsional, kemudianvariabel The Big Five Personality yaitu Extraversion, Agreeableness,Conscientiousness, Openness to Experience tidak dapat memoderasi pengaruh stress kerja terhadap perilakudisfungsional audit. Sedangkan Neuroticism, Locus of Control yang terdiri dariLocus of Control Internal danLocus of Control Eksternal dapat memoderasi pengaruh stress kerja terhadap perilaku disfungsional audiktantara pengaruh stres terhadap perilaku disfungsional audit.Kata kunci : Stres Kerja, The Big Five Personality, Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism, Openness to Experience, Locus of Control, Locus of control Internal, Locusof Control Eksternal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

solusi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

SOLUSI scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business. Topics raised in journals are adapted to current themes that can help practitioners and academics develop their knowledge and ...