ZIRAA'AH MAJALAH ILMIAH PERTANIAN
Vol 44, No 3 (2019)

PENGARUH KOMBINASI ARANG AKTIF DENGAN URIN SAPI PERAH TERHADAP PRODUKTIVITAS RUMPUT BENGGALA (Panicum maximum Jacq)

Antonius Pegi Roman (Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran)
Eulis Tanti Marlina (Laboratorium Mikrobiologi dan Penanganan Limbah Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung)
Herryawan Kemal Mustafa (Laboratorium Tanaman Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2019

Abstract

Produksi rumput Benggala ditentukan oleh kesuburan tanah. Pemanfaatan arang aktif dapat meningkatkan unsur hara tanah. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh arang aktif terhadap pertumbuhan dan produktivitas rumput Benggala. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari arangaktif (sekampadi, tongkoljagung, tempurungkelapa), urin sapiperah dan tanah. Metode penelitian menggunakan rancangan acak lengkap faktorial 3x3 yang terdiri dari faktor A (dosis arangaktif) yaitu D1: dosis 0% (kontrol), D2: dosis 2,5 %, D3: dosis 5% sedangkan faktor B (jenis arang aktif) yaitu: J1: Jenis arang aktif sekampadi, J2:Jenis arang aktif tongkol jagung, J3: Jenis arang aktif tempurung kelapa selanjutnya diujilanjut dengan menggunakan Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengan tingkat signifikan 5%. Parameter yang diukur adalah tinggi tanaman, jumlah anakan, berat segar daun, berat kering daun dilakukan pada periode pemotongan I (umur 45 HST) dan pemotongan II (umur 90 HST),protein kasar, serat kasar dilakukan pada pemotongan I dan Berat segar akar dan berat kering akar dilakukan pada pemotongan II. Hasil penelitian menunjukkan dosis arang aktif 2,5% dan 5% meningkatkan tinggi tanaman, jumlah anakan, berat segar daun, berat kering daun, kandungan serat kasar, berat segar akar dan berat kering akar rumput Benggala.Jenis Arang aktif sekam padi memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan dan produktivitas rumput Benggala.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ziraah

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal ini Fokus pada Hasil Penelitian yang Orisinil dan Ruang Lingkup jurnal pada Bidang : 1. Agronomy 2. Agrotechnology 3. Agribisnis 4. Animal Production 5. Animal Feed and Nutrition 6. Social and Economic agriculture 7. Forestry 8.Fisheries and Marine Technology 8. Food Technogy and Industry 9. ...