Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam
Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Tahdzibi : Manajemen Pendidikan Islam

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SIFAT-SIFAT ALLAH MELALUI PEMBELAJARAN Al-ASMA’ AL-HUSNA DENGAN “METODE 2-2” (STUDI KASUS DI LAB SCHOOL FIP UMJ)

Andriyani Andriyani (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Margono Mitrohardjono (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 May 2018

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tanya jawab pada anak kelompok B yang berusia 5-6 tahun. Berdasar hasil penelitian diperoleh data bahwa perolehan pra siklus diperoleh hasil hasil 60% meningkat pada siklus 1 sebesar 16% menjadi 79%, selanjutnya pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 26% menjadi 89%. Berdasarkan prosentase ketercapain dari penelitian ini, maka hipotesis dapat diterima. Jadi dapat di simpulkan bahwa melalui Al-Asma’ Al-Husna dapat memudahkan anak dalam mengenal sifat-sifat Allah pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Lab School FIP UMJ. Melalui penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa salah satu cara cepat mengenalkan sifat-sifat Allah yaitu melalui pembelajaran Al-Asma’ Al-Husna, dengan “Metode 2-2”.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Tahdzibi

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta sejak 2016 (versi cetak dan online). Fokus dari Jurnal Tahdzibi: Manajemen ...