Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman sila Ketuhanan Yang Maha Esa melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Toho Kabupaten Mempawah. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. hasil penelitian menunjukkan bawha guru PPKn telah melakukan penanaman sila Ketuhanan Yang Maha Esa, yaitu: (1) pengenalan nilai-nilai sila pertama, (2) memberikan penguatan positif (3) keteladanan guru, (4) pembiasaan sikap, (5) pembudayaan nilai sila pertama. Kendala-kendala dalam penanaman sila pertama yaitu: (1) masih kurangnya rasa toleransi terhadap sesama, (2) kurangnya kerjasama antar siswa, (3) sikap kurang menghormati antar siswa. Upaya mengatasi kendala-kendala yaitu: (1) melakukan pembiasaan-pembiasaan kegiatan yang mengandung pembelajaran nilai sila Ketuhanan yang Maha Esa, (2) bekerja sama dengan orang tua/wali murid, (3) guru harus pintar menarik perhatian dan minat siswa, (4) membuat program pembinaan karakter dan penguatan pancasila, (5) menggunakan metode pembelajaran saintifik untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Copyrights © 2018