JURNAL CIVIC EDUCATION: MEDIA KAJIAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Vol 1, No 2 (2017)

OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Sulistiatik, Atik (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2017

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengoptimalan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi, khususnya tentang Nilai dan Norma di kelas X 3 SMAN 4 Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan deskriptif kualitatif, dengan pelaksanaan 2 siklus . Nilai hasil tes tulis  dalam siklus I siswa yang tuntas dengan KKM 70 adalah 27 siswa (67,5%) dan yang tidak tuntas  adalah 13 siswa (32,5%) dengan nilai rata-rata 67,7 dari jumlah 40 siswa. Dalam siklus II, siswa yang tuntas adalah 38 siswa (95%) dan yang tidak tuntas adalah  2 siswa (5%) dengan nilai rata-rata 86,2 dari jumlah 40 siswa. Hal ini menunjukan bahwa prosentasi siswa yang tuntas dalam pembelajaran lebih banyak dari pada siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran, yang berarti ada peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Jigsaw. Kata Kunci: Model Jigsaw, Hasil belajar, Sosiologi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Manado. Jurnal diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini mempublikasikan Karya Ilmiah/Hasil ...