Pendidikan karakter merupakan tanggung jawab bersama di setiap ruang lingkup pendidikan. Institusi pendidikan, seperti sekolah, keluarga dan masyarakat memiliki peran penting dalam pendidikan karakter. Untuk itu, pendidikan karakter di Indonesia membutuhkan kerja kolektif yang melibatkan semua elemen bangsa. Pendidikan nilai karakter dapat dilihat pada dua latar, yaitu pada latar makro dan pada latar mikro. Latar makro bersifat nasional yang mencakup keseluruhan konteks perencanaan dan implementasi pembinaan nilai karakter yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Secara makro pembinaan karakter terdiri dari tiga tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil. Kajian ini menekankan bahwa peran keluarga, sekolah dan masyarakat merupakan kolaborasi penting dalam pendidikan karakter. Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan adanya kerjasama yang secara nyata diwujudkan dalam proses pendidikan karakter.Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Keluarga, Sekolah, Masyarakat
Copyrights © 2019