EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran
Vol 1 No 2 (2020): Edisi Juni 2020

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MOODLE TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BAKAT PESERTA DIDIK DI TENGAH PANDEMI COVID -19

Ervan Wicaksana (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2020

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa dan juga minat serta bakat ditengah kondisi Covid-19 dengan menggunakan media belajar berbasis online yang dapat digunakan yaitu aplikasi Moodle. Aplikasi moodle dirasa dapat membantu peserta didik agar termotivasi untuk belajar tidak terhalangi karena merebaknya wabah Covid-19. Moodle adalah salah satu software open source e-learning yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu kelebihan dalam penggunaan aplikasi ini yaitu dapat diakses secara langsung melalui Android. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket. Data didapatkan melalui pengisian angket yang disebar melalui email dan media sosial. Hasil analissis mengenai aplikasi Moodle ini mendapatkan data tentang beberapa kelebihan moodle dalam pembelajaran daring. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini diketahui adanya minat positif untuk mengikuti mata kuliah evaluasi proses dan hasil belajar biologi dengan menggunakan moodle. Mayoritas mahasiswa berbakat dan terampil dalam menggunakan aplikasi e-learning moodle. Mayoritas juga berperan aktif berdiskusi dalam mengikuti perkuliahan evaluasi proses dan hasil belajar biologi. Mahasiswa merasa aplikasi moodle menjadi jembatan antara aplikasi video conference dan media sosial.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eduteach

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran (EDUTEACH) adalah sebuah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Unit Pelaksana Praktik Kependidikan Terpadu (UP2KT) FKIP Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Eduteach terdaftar pada PDII LIPI dengan Nomor ISSN 2715-9779 (Online) dan 2715-9760 ...