Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 2, Edisi 1, Maret 2015

PERANAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) CORDIAL DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) DI KABUPATEN BARRU

Sri Rahayu (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Barru, dan untuk mengetahui peranan dan faktor-faktor yang mendorong peranan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Cordial dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Barru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Barru, meliputi evaluasi diri sekolah, mengadakan komplain survey, menyusun RKS dan RKAS yang keseluruhannya melibatkan komite sekolah, staf, guru dan orang tua siswa. (2) Peranan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Cordial, meliputi pemberian pelatihan, seminar dan lokakarya para kepala sekolah, komite sekolah dan guru, pemberian bantuan dari proses perencanaan sampai dalam bentuk dokumen dan membantu sekolah untuk mengadakan Complain Survei, (3) Faktor yang mendorong peranan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Cordial dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Barru, yaitu sebagai upaya peningkatan kapasitas kepala sekolah dan komite sekolah, upaya untuk mensosialisasikan program pendidikan yang ditetapkan pemerintah, personal yang diterjunkan ke lapangan adalah orang yang berkompeten, donor dari USAID sebagai mitra kinerja dengan pemberian dana dan buku panduan.Kata kunci: Peranan, LSM Cordial, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...