Education and Human Development Journal
Vol 3 No 2 (2018): Education and Human Development Journal

PERMBELAJARAN PPKn DENGAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBANTUAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN INTELEKTUAL SISWA SMA

Akhwani Akhwani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran PPKn dengan value clarification technique (VCT) berbantuan role playing terhadap keterampilan intelektual siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang didesain melalui kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran PPKn dengan VCT berbantuan role playing, sementara kelompok kontrol hanya menggunakan VCT. Pengumpulan data menggunakan observasi. Data dianalisis menggunakan bantuan SPSS 16 for Windows melalui uji t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p = 0,006<0,05), sementara nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,849>1,99). Dengan demikian pembelajaran PPKn dengan VCT berbantuan role playing efektif dalam mengembangkan keterampilan intelektual siswa SMA

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EHDJ

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Educatioan and Human Development Journal (EHDJ) Published by the Teaching and Education Faculty (FKIP). Published since April 7, 2017 with two versions, namely the printed version of ISSN: 2541-0156 and online e-SSN: 2559-0292. Rear-published twice every April and September. Committed to improving ...