Education and Human Development Journal
Vol 3 No 2 (2018): Education and Human Development Journal

PENERAPAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-D SMP NEGERI 26 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2015–2016

Indah Sulistyaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2018

Abstract

Untuk menyelesaikan soal-soal matematika diperlukan langkah-langkah lain seperti: memahami masalah, merencanakan penyelesaian. Namun kemampuan pemecahan masalah siswa masih kurang aktif dan kreatif. Model pembelajaran yang sesuai adalah open ended karena open ended pendekatan pembelajarannya memberikan keleluasaan berpikir peserta didik secara aktif dan kreatif. Pendidikan karakter peserta didik mengalami peningkatan melalui penerapan pembelajaran open ended, dapat dilihat dari data siklus I; 61,86 (sedang) dan pada siklus II menjadi 72,73 (tinggi). Kualitas pembelajaran oleh guru matematika mengalami peningkatan dari skor perolehan pada siklus I sebesar 65,00% (sedang) dan pada siklus II menjadi 76,00% (baik). Penguasaan siswa terhadap materi melalui pembelajaran open ended dengan nilai rata-rata kelas 79,09 pada siklus pertama menjadi 89,47 pada siklus kedua.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EHDJ

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Educatioan and Human Development Journal (EHDJ) Published by the Teaching and Education Faculty (FKIP). Published since April 7, 2017 with two versions, namely the printed version of ISSN: 2541-0156 and online e-SSN: 2559-0292. Rear-published twice every April and September. Committed to improving ...