Education and Human Development Journal
Vol 4 No 1 (2019): Education and Human Development Journal

ANALISIS PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE KANCING WARNA PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Nur Lina Safitri (Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Abstrak: Mahasiswa yang aktif merupakan mahasiswa yang berani mengungkapkan pendapatya dalam sebuah diskusi baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Tujuan dari penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode kancing warna adalah sebagai salah satu bentuk upaya dalam menigkatkan partisipasi keaktifan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada di dalam kelas dimana dalam hal ini permasalahan yang terjadi adalah kurangnya partisipasi aktif dari mahasiswa saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi mahasiswa dan dosen, angket respon mahasiswa, dokumentasi, wawancara serta studi literatur. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi sebanyak 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase dari hasil angket respon mengalami perubahan khususnya pada pertanyaan yang mengarah pada keaktifan mahasiswa, menurunnya peran dosen dalam kegiatan belajar mengajar sebagai bukti bahwa mahasiswa mampu berperan aktif dalam proses diskusi tanpa adanya himbauan dari dosen. Kata Kunci : Keaktifan Mahasiswa, Strategi Belajar Mengajar,Kancing Warna.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EHDJ

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Educatioan and Human Development Journal (EHDJ) Published by the Teaching and Education Faculty (FKIP). Published since April 7, 2017 with two versions, namely the printed version of ISSN: 2541-0156 and online e-SSN: 2559-0292. Rear-published twice every April and September. Committed to improving ...