Dinamika Bahari: Journal of Maritime Dynamic
Vol 8 No 1 (2017): Edisi Oktober 2017

IDENTIFIKASI GANGGUAN KATUP GAS BUANG MESIN INDUK DI MT. MARTHA TENDER

Dony A. N. (PIP Semarang)
Sumarno PS (PIP Semarang)
Fitri Kensiwi (PIP Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2017

Abstract

Katup buang adalah salah satu jenis katup yang merupakan komponen utama pada mesindiesel baik itu empat-tak maupun dua tak yang berpungsi sebagai katup untuk membuka danmenutup aliran dari gas sisa-sisa hasil pembakaran yang keluar dari dalam silinder atau ruangpembakaran menuju ke exhaust valve manifold. Adapun tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui penyebab terjadinya gangguan pada klep gas buang mesin induk. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode Diskiptif Kualitatif dengan USG sebagai metodeuntuk menentukan prioritas dari masalah yang ada. Adapun rumusan masalah dari penelitianini adalah faktor apa yang menyebabkan gangguan katup gas buang, bagaiman upaya yangdilakukan terhadap masalah yang ada. Hasil yang diperoleh dari identifikasi penelitianmenunjukkan bahwa terjadinya kebocoran kompresi pada klep gas buang mesin induk.Identifikasi penelitian tersebut maka didapatkan penyebab dari kebocoran adalah adanyakeausan antara spindle dan seating, kelebihan jam kerja dan kurangnya pendinginan. Faktorpenyebab kerusakan ini dapat dihindari apabila dilakukan penggerindaan, perawatan sesuaijam kerja dan pembersihan jalannya air pendingin.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jdb

Publisher

Subject

Education Engineering Environmental Science Mechanical Engineering Transportation

Description

Dinamika Bahari merupakan jurnal berkala bidang nautika, teknika dan tata laksana angkutan laut dan kepelabuhanan yang dimiliki Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang yang terbit 2 kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan Oktober. Dinamika Bahari memuat hasil penelitian, ide, dan gagasan dosen, ...