Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan
Vol 8 No 1 (2017)

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TIGA MATRA PEMBERDAYAAN SOSIAL-PARITISIPATIF

Bakir, Bakir (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2019

Abstract

Bakir. ?Pendidikan Agama Islam Berbasis Tiga Matra Pemberdayaan Sosial-Paritisipatif? Fitrah Jurnal Studi Pendidikan, Vol. 8, No. 1 Juni 2017, h. 1-18. Abstrak: Tulisan ini ingin memperlihatkan tantangan terkini dari pendidikan agama Islam di lingkungan  sekolah,  sekaligus menawarkan suatu metode baru tentang bagaimana PAI bisa merespons tantangan tersebut di masa depan. Apa yang lepas dari metode pengajaran agama Islam adalah sensitivitasnya pada realitas sosial yang kompleks. Tulisan ini menawarkan suatu metode pemberdayaan siswa yang berbasis pada tiga matra partisipasi: power- in, power with, power within. Ketiganya diterapkan dalam pendidikan agama Islam untuk memastikan peserta didik bisa bekerja secara individual dan kolektif dengan tetap menekankan spiritualitas moral sebagai nilai dasar kemanusiaannya.  

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

fitrah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan (P-ISSN 2085-7365 dan E-ISSN 2722-3027) adalah jurnal ilmiah, berkenaan dengan Studi Pendidikan sebagai domain studi yang diterbitkan dua kali oleh Institute for Research and Community Service (LP2M) STIT Sunan Giri ...