Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji efektivitas penerapan bahan ajar interaktif E-book mata pelajaran pemrograman dasar dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru di SMK; (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan bahan ajar interaktif E-book mata pelajaran pemrograman dasar dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru di SMK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ tahun ajaran 2019/2020. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Efektivitas penerapan bahan ajar interaktif E-book dilihat berdasarkan rerata persentase tanggapan peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar interaktif E-book adalah sebesar 88.70% dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya sebesar 92% peserta didik memperoleh ketuntasan tes hasil belajar; (2) Faktor pendukung dalam penerapan bahan ajar interaktif E-book diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran, yakni: (a) ketersediaan LCD Projector di ruang kelas; (b) peserta didik memiliki laptop pribadi; (c) keterampilan dasar peserta didik dalam menjalankan komputer; (3)Faktor penghambat dalam penerapan bahan ajar interaktif E-book adalah ukuran laptop yang relatif besar (10-14 inci) dan berat membuat E-book tidak portable untuk dibawa kemana mana, selanjutnya keterbatasan materi, dimana E-book ini hanya membahas kompetensi dasar struktur kontrol perulangan.
Copyrights © 2020