Jurnal Penelitian Keislaman
Vol. 9 No. 1 (2013)

Pengembangan Masyarakat Melalui Pesantren di Lombok Ditinjau dari Perspektif Pendidikan

Lubna Lubna (UIN Mataram)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berusaha menggali potensi dan peran pesantren dalam pengembangan masyarakat di pulau Lombok dengan menelusuri gagasan awal, sosialisasi dan aktualisasi gagasan program pengembangan masyarakat melalui pesantren serta meninjau esensi program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan pesantren dari perspektif pendidikan. Penelitian eksploratif ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Hasil studi ini menemukan bahwa gagasan awal program pengembangan masyarakat di pulau Lombok memiliki corak yang variatif dan ditempuh dengan dua model sosialisasi yaitu pendekatan individual dan kelembagaan. Aktualisasi program diwujudkan melalui berbagai wadah atau lembaga pengembangan yang ada di lingkungan pesantren dengan para Tenaga Pengembang Masyarakat berperan sebagai motivator, komunikator fasilitator dan dinamisator. Jenis program pengembangan meliputi; kesehatan, lingkungan hidup, pembinaan dan pengembangan ekonomi masyarakat, pertanian dan sarana pendukungnya. Fokus sasarannya adalah santri dan masyarakat di lingkungan pesantren. Esensi program pengembangan masyarakat melalui pesantren, bila ditinjau dari perspektif pendidikan mengimplisitkan terapan beberapa prinsip dasar pendidikan andragogi. Abstract: This research try to discover the potency and the role of pesantren in development of Lombok society by early tracing idea, socialization and actualization of program idea in development of society also to evaluate the essential of development program of pesantren society in education perspectives. This explorative research use qualitative phenomenology approach. The result of this study is early idea of development program in Lombok society which is variety pattern and search by two socialization models there are individual approach and institution. The actualization program realize by various institutions or development of institution which has been existing in pesantren environment with all Developer of Society as motivator, communicator, and facilitator of dynamisator. The programs types cover; health, environment, construction and economic expansion of society and other agriculture support. It is focusing in santri and pesantren society. The essential of development society program through] pesantren, if it evaluate from education perspective which apply implicit of some elementary principles of education of andragogi.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

JPK: Jurnal Penelitian Keislaman (p-ISSN 2580-9652, e-ISSN 1829-6491) adalah jurnal ilmiah peer-review dan open access yang dikelola dan diterbitkan Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmuah Universitas Islam Negeri (UIN ) Mataram. Jurnal ini terbit secara berkala dua kali setahun, yakni pada bulan Juni ...