Value : Journal of Management and Business
Vol. 1 No. 2 (2017): Value Journal of Management and Business

MENDORONG IMPLEMENTASI REDENOMINASI RUPIAH UNTUK PENINGKATAN EFISIENSI DAN DAYA SAING EKONOMI INDONESIA DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

B. Andreas Mada WK (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2017

Abstract

Kebijakan redenominasi merupakan wacana yang akan dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dengan tujuan agar perekonomian dapat menjadi lebih efisien serta untuk meningkatkan martabat dan kedaulatan rupiah di mata dunia Internasional terutama sejak pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015 yang lalu. Namun untuk mewujudkan hal tersebut bukanlah perkara yang mudah, mengingat masih banyaknya pro-kontra di dalamnya. Redenominasi memang memberikan banyak manfaat namun juga dapat menimbulkan dampak negatif yakni inflasi akibat pembulatan harga dan juga “money illusion” dimana harga barang dianggap menjadi lebih murah. Dengan demikian diperlukan adanya persiapan yang harus dilakukan oleh pemerintah Indonesia seperti mempersiapkan infrastruktur serta sosialisasi yang jelas kepada Masyarakat bahwa redenominasi beda dengan sanering.Penelitian ini menggunakan Matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factors Evaluation (EFE).Dalam matriks IFE akan menganalisis dua variable dari SWOT yaitu, Kekuatan (Strength) apa saja yang dimiliki oleh negara Indonesia dan Kelemahan (Weakness) yang ada dalam internal itu sendiri. Sedangkan matriks External Factor Evaluation (EFE) memungkinkan Pemerintah dan para penyusun strategi untuk merangkum dan mengevaluasi informasi ekonomi, sosial, budaya, demografi, lingkungan, politik, pemerintah, hukum, teknologi, dan lain-lain agar kebijakan redenominasi dapat meningkatkan efisiensi dan daya saing ekonomi terutama sejak diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA.)Kata kunci : Uang, Rupiah, Redenominasi, MEA, IFE, EFE

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

value

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal ilmiah mengenai bidang ilmu manajemen dan bisnis yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Issued by Faculty of Economics, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat Indonesia, periodically (every 6 months) in March and September with the aim of disseminating information about the study ...