Value : Journal of Management and Business
Vol. 1 No. 2 (2017): Value Journal of Management and Business

ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN POLRI TERHADAP IMAGE PADA MASYARAKAT CIKARANG TIMUR

Ergo Nurpatria K (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2017

Abstract

Di era reformasi sekarang ini masyarakat semakin kritis terhadap kebijakan–kebijkan pemerintah selain itu masyarakat juga menuntut informasi yang transparan dari pemerintah. Dalam dunia Public Relations, memberikan penerangan dan informasi kepada masyarakat tentang kebijakan serta tujuan yang akan dicapai oleh pemerintah, merupakan salah satu upaya humas untuk menciptakan opini publik yang positif demi tercapainya citra yang positif. Kunci utama keberhasilan humas adalah adanya kepercayaan dari publik, kepercayaan tersebut akan dapat diraih jika lembaga yang bersangkutan memiliki citra yang baik dimata masyarakat. Untuk memperoleh citra yang baik, maka seorang praktisi humas harus mampu menciptakan citra baik lembaganya dengan menciptakan citra baik lembaganya dengan melakukan kegiatan – kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh kepercayaan, good will dan saling pengertian.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran humas POLRI dalam meningkatkan citra. Penelitian ini mengenai peran PR berdasarkan dimensi penasehat asli (expert prescriber), fasilitator komunikasi (communication facilitator), fasilitator proses pemecahan masalah (problem solving process facilitator), dan teknisi komunikasi (communication technician). Teori yang digunakan dalam membahas peran ini adalah menggunakan konsep dari Dozeir dan Broom tentang empat peran dari praktisi PR. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, penulis telah mewawancarai 3 nara sumber yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian secara keseluruhan adalah diketahui bahwa humas POLRI menjalankan paran sebagai penasehat ahli dan fasilitator pemecah masalah apabila berkaitan dengan tugas humas saja. Sedangkan peran sebagai fasilitator komunikasi dan teknisi komunikasi merupakan peran yang utama dijalankan oleh humas POLRI. Kata Kunci : Manajemen Strategi, Citra, Public Relations

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

value

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal ilmiah mengenai bidang ilmu manajemen dan bisnis yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Issued by Faculty of Economics, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat Indonesia, periodically (every 6 months) in March and September with the aim of disseminating information about the study ...