Jurnal Geografi
Vol 3 No 1 (2014)

PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP LAYANAN KONSELING PERORANGAN PADA PEMBELAJARAN IPS GEOGRAFI DI SMP NEGERI 15 PADANG

Jusniar Jusniar (SMPN 15 Padang)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2014

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi peserta didik terhadap tujuan, proses, azas, pendekatan/teknik dan kepribadian konselor dalam pelaksanaan layanan konseling pada pembelajaran IPS geografi. Penelitian ini tergolong pada studi deskriptif. Populasi mencakup semua peserta didik yang telah mendapatkan layanan selama semester II tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 35 orang. Data dikumpulkan dengan angket terbimbing. Data diolah menggunakan statistik deskriptif dengan formula persentase. Hasil penelitian meliputi : 1) persepsi peserta didik terhadap tujuan layanan konseling perorangan tergolong cukup, 2) persepsi peserta didik terhadap layanan konseling perorangan berada pada kategori baik, 3) persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan azas BK paling menonjol yakni konselor memegang norma-norma selama konseling dan kurang baik pada azas kesukarelaan, 4) persepsi peserta didik terhadap pendekatan/teknik layanan konseling perorangan pada umumnya tergolong cukup paling menonjol pada memberi contoh tentang jalan keluar permasalahan yang dihadapi konseling, 5) persepsi peserta didik terhadap kepribadian konselor secara umum tergolong baik, kecuali kurang tentang wawasan konselor.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

geo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Journal of Geography adalah jurnal yang dikelola oleh Jurusan Geografi Fakuktas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Journal of Geography menerbitkan artikel-artikel ilmiah yang membahas tentang keilmuan keilmuan Geografi, Kependidikan Geografi serta hasil penelitian Ilmiah para Geografer di ...