Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 5, No 2 (2019)

PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT,TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS KELAS XI SMA NEGERI I UNGGUL DARUL IMARAH

Susanti, Juli Mardiah (Unknown)
Annisa, Fera (Unknown)
Soewarno, Soewarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Fisika terkadang tidak menggunakan pendekatan yang menarik, sehingga siswa merasa bosan, kurang kreatif dalam berpikir dan sulit untuk mengembangkan ide atau gagasan yang dimiliki. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan suatu pendekatan yang dapat menciptakan peluang siswa untuk mengkonstruksi dan menumbuhkembangkan pengetahuannya, salah satunya adalah dengan menerapkan pendekatan SETS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap hasil belajar siswa pada Materi Tekanan Hidrostatis di kelas XI SMA Negeri I Unggul Darul Imarah. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitian dari Wilcoxon Sign Rank Test menunjukan bahwa Zhitung > Ztabel  yaitu -0,07 > 434 untuk taraf signifikan 95% dan ɑ = 0,05. Sehingga Ha diterima, dapat dilihat adanya peningkatan empat dari enam indikator pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada Materi tekanan Hidrostatis. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...